Self Development Series - Episode 1 Lagi Cape?,

Bunyi alarm jam setengah 5 subuh badan masih kerasa cape banget tapi jam 5 masih setengah jam lagi, tidur lagi ah...

Alarm nyala jam 5 tapi kepala masih berat banget kayaknya gapapa tidur setengah jam lagi, dan akhirnya bangun mepet ke jam berangkat kerja, alhasil badan ga kerasa fit dan ga semangat, kerasa cape banget.

Hayo lohh siapa yang kisah pertiduranya sama kaya aku?? tenang para pejuang, cape itu normal tapi aku bawa tips biar ga ngerasa cape terus saat mengawali hari. Kita bakalan langsung bahas gimana implementasi dalam keseharian kita yaa.

gambaran aku wkwk


Kita bakal mengubah tiga hal mendasar yang pas kita ubah satu hal kecil itu bakalan berdampak besar pada tingkat energi kita, yaitu tidur, makan, dan olahraga biar kita bisa menjawab pertanyaan "Kenapa kita selalu merasa lelah" pas bangun pagi, pas lagi sekolah, pas lagi kerja, pokoknya jadi ga semangat hidup deh.

Pertama itu tidur, kita ga harus tidur berjam jam untuk bisa istirahat, karena jumlah tidur yang di sarankan itu berbeda beda pada setiap orangnya, yang kita perluin itu kita harus punya kualitas tidur yang tinggi biar badan kita bisa istirahat semaximal mungkin, caranya dengan membangun ritme sirkadian. 

Ritme sirkadian ini yang ngasih tau tubuh kita untuk tidur dan yang lebih penting itu ngasih tau kapan kita harus bangun, itu juga sebabnya kita bisa bangun tanpa alarm, selanjutnya kita harus membiarkan tubuh kita memproduksi melatonin secara alami yang membantu kita tidur, ada banyak metode gimana tubuh kita memproduksi itu salah satunya adalah matiin lampu kamar.

Tapi aku rasa salah satu hal yang harus kita hindari itu main hp di waktu waktu mau tidur karena cara yang paling mudah bagi kita untuk ngancurin ritme sirkandian ini adalah dengan cahaya biru dari hp kita mengacaukan produksi melatonin yang akan mempersulit kita untuk tidur dan mempersulit kita untuk bangun.

Aku juga bakalan mulai mencoba untuk simpen hp 30 menit sebelum jam tidur dan gantinya dari sisi agama itu adalah wudhu terlebih dahulu, selanjutnya aku bakalan coba beli buku untuk bikin otak aku tenang bisa tambah lagi kalau journaling itu menurut aku bisa bikin otak jadi ga overthinking karena kita merasa ga perlu difikirin lagi kan udah di tulis jadi kita bisa baca lagi nanti (bener ga sih? wkwk) intinya kita bisa baca buku dan minum air putih.

Kedua adalah pola makan, aku ga bakal bahas secara rinci kalian bisa search sesuai kebutuhan tubuh kalian, tapi satu tips yang bisa aku sampaikan adalah selalu hidrasi tubuh kalian selalu siapin air putih di dekat kalian karena banyak penelitian yang mengatakan meningkatnya energi dan otak sangat dipengaruhi hidrasi dan bahkan jika kita dehidrasi ringan aja bisa berdampak pada fungsi otak kita.

Ketiga adalah Olahraga, ini menarik banget nih, karena kalian bakalan berfikir kalau lari atau berkeringat dan ngelakuin semua hal yang menuntut fisik ini, itu bakalan hilangin energi kita padahal kebalikannya sebenarnya olahraga sebenarnya telah terbukti meningkatkan tingkat energi kita sepanjang hari dan terbukti dapat mengurangi gejala depresi. 

Ayo kita buktiin apakah benar dengan kita melakukan semua ini secara konsisten kita paham semuanya ternyata dengan tidur, makan dan olahraga terbukti benar bisa buat badan kita lebih ber energi dan ga cape lagi. Pokoknya kita harus buktiin ke diri kita sendiri kalau kita bukan pemalas dan kita jalani hidup ini dengan terus semangat berkembang bergerak maju !! semangat untuk masa depan yang lebih sehat dan bahagiaaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Purpose

Self Development Series - Episode 2 FAKE it until you MAKE it!